Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/disdukcapil/public_html/config/koneksi.php on line 13
 Perpres No.98/2018, Urus Dokumen Kependudukan Tidak Perlu Lagi Surat Pengantar

Perpres No.98/2018, Urus Dokumen Kependudukan Tidak Perlu Lagi Surat Pengantar

Foto untuk : Perpres No.98/2018, Urus Dokumen Kependudukan Tidak Perlu Lagi Surat Pengantar

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut belum menerapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2018 yang telah diterbitkan beberapa waktu lalu, tentang penghapusan surat pengantar dan pembuatan dokumen.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Garut, Evip Zulvikar Malika, S.Sos, M.Si, malah mengaku baru mengetahui adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 tahun 2018 tersebut. Menurut Evip, sebelum ada aturan baru dijalankan akan ada rapat koordinasi terlebih dahulu. Meski hingga saat ini belum ada rapat koordinasi, dia mengatakan akan menjalankan aturan tersebut.

“Baru kemarin ada berita kalau ada Perpres nomor 98 tahun 2018. Karena ini aturan pemerintah pusat maka kami akan menjalankannya “ ungkap Evip, Senin (12/11/2018).

Diakuinya, adanya masyarakat yang mengeluh karena tidak bisa membuat akte kelahiran lantaran tidak membawa surat pengantar dari Kelurahan. Diapun berjanji akan membuat pengumuman dikantornya tentang tidak perlunya membawa surat pengantar dari Kelurahaan ketika mengurus administrasi kependudukan.

Kepada Camat dan Lurah se kota Medan, pihaknya akan mensosialisasikan Perpres tersebut.

Seperti diketahui dalam Peraturan Presiden nomor 98 tahun 2018 disebutkan, pembuatan dokumen kependudukan tidak lagi memerlukan surat pengantar baik dari RT, RW, Lurah maupun Camat. Masyarakat bisa langsung ke Disdukcapil.

Disebutkannya, pengurusan Kartu Keluarga (KK) baru hanya surat nikah dan keterangan pindah alamat, sedangkan KK peerubahan hanya butuh KK lama dan surat pernyataan perubahan.

“Sedangkan KTP elektronik baru cukup KK saja, sedangkan perubahan KTP elektronik butuh KK dan surat keterangan pindah. Untuk Akte kelahiran yang dibutuhkan hanya surat keterangan lahir, buku nikah, KK dan e-KTP. Sementara Akte kematian hanya butuh surat kematian” ujar Evip.

Sumber : (Diskominfo), garutkab.go.id

KTP Online
Dukcapil Kemendagri
Website Kabupaten Garut