Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/disdukcapil/public_html/config/koneksi.php on line 13
 Bupati Garut Secara Simbolis Serahkan Alat Kelengkapan Pencetakan KTP Tiap Kecamatan

Bupati Garut Secara Simbolis Serahkan Alat Kelengkapan Pencetakan KTP Tiap Kecamatan

Foto untuk : Bupati Garut Secara Simbolis Serahkan Alat Kelengkapan Pencetakan KTP Tiap Kecamatan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Garut menggelar rapat Koordinasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, bertempat di Ruang Rapat Setda Garut, Jumat (9/11/2018).

Pada acara tersebut Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, secara simbolis menyerakan alat kelengkapan percetakan KTP untuk masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Garut, disaksikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. H. Didit Fajar Putradi, M.Si, Kadisdukcapil Hj. Rina Siti Sabariyah, M.Si, dengan diikuti 42 kecamatan se-kabupaten Garut.

Dalam sambutanya Bupati Garut, H. Rudy Gunawan mengatakan, menyambut baik terselenggaranya rapat yang berkaitan dengan sistem dan cara pelayanan pembuatan KTP, KK, Akte kelahiran serta perubahan data lainya.

"Semua itu merupakan sebuah kewajiban sebagai Abdi Negara yang selalu memberikan pelayanan sempurna untuk kepentingan warga masyarakat yang membutuhkan data pribadi dan keluarga," ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati berharap data kependudukan yang selama ini masih simpang siur, bisa didata dengan lebih baik supaya sesuai dengan data yang ada di Provinsi maupun Pusat.

"Kami menghimbau kepada para camat agar mendata jumlah penduduk dengan benar dalam rangka Pilres 2019, sebab sampai saat ini data masih belum akurat jumlahnya," pintannya.

Ditambahkanya, dengan adanya alat kelengkapan pencetakan e-KTP di kecamatan agar semua kecamatan mensosialisasikannya. Jangan membohongi masyarakat, kasihan, dan untuk belangko KTP maupun KK harus siap sedia, tegasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan H. Didit Fajar Putradi, mengapresiasi adanya alat kelengkapan pencetakan KTP di setiap kecamatan, tinggal melaksanakan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Dikatakanya, Kendala keterlambatan pembuatan KTP diakibatkan belangko KTP yang kosong dan juga terkendala Rinbon, terlebih lagi bila Server di pusat mengalami gangguan, dampaknya akan terasa di seluruh Indonesia.

"Mengenai blangko KTP pun sudah diatur oleh pusat, jadi tidak setiap kabupaten mengajukan sesuai keinginan, terkadang dikasih setengahnya ataupun tidak sama sekali," ungkap Didit.

Hal yang sama disampaikan Hj. Rina Siti Sabariyah, kami sebagai kepala dinas, akan terus berupaya melakukan terobosan terobosan dalam melakukan pekerjaan sesuai yang di inginkan pemerintah baik pusat maupun darah, demi kalancaran dan kemudahan para pembuat data, dan akan berupaya semaksimal mukin agar semua data kependudukan yang ada di kabupaten Garut segera terlealisasikan.

Rina berharap, dengan adanya alat kelengkapan pencetakan KTP di kecamatan, apabila ada kendala dilapangan harus disampaikan dengan arif dan bijak, jangan sampai terjadi kesalah pahaman sehingga menimbulkan kehawatiran masyarakat banyak, pungkasnya.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

KTP Online
Dukcapil Kemendagri
Website Kabupaten Garut